Dalam proses menerima pekerja baru,
sebuah perusahaan selalu melakukan test wawancara atau interview bagi
setiap pelamarnya, wawancara sangat penting bagi perusahaan untuk
mendapatkan pekerja yang benar-benar baik, karena dengan test wawancara
perusahaan bisa melihat dan menilai kepribadian atau sikap si pelamar,
namun justru bagi banyak pelamar wawancara merupakan bagian seleksi yang
menakutkan, karena banyak sekali pelamar yang begitu lancar ditahap
awal namun saat wawancara mereka tidak lulus, bahkan yang memiliki
kemampuan atau kecerdasan yang tinggi sekalipun sering gagal pada saat
interview, ini membuat orang banyak yang ingin mengetahui bagaimana cara sukses wawancara saat interview kerja tersebut.
7 Jawab Dengan Jelas.
Dengan anda memperhatikan poin-poin tips diatas anda akan lebih maximal
mendapat hasil saat wawancara, juga akan terlihat cekatan dan bisa
menguasai suasana saat itu. Ingat semua pasti ada caranya. Semoga
artikel mengenai Cara Sukses Wawancara Saat Interview Kerja dapat membantu dan bermanfaat bagi sahabat
Memang sangat sulit saat kita ditanya secara langsung dan dituntut
jawaban yang terbaik secara spontan saat di interview, banyak orang
salah bersikap dan asal menjawab karena faktor tegang dan tidak tenang,
karena mungkin sangat wajar interview adalah tanya jawab langsung yang
juga merupakan saat-saat penting untuk menentukan masa depan kita apakah
kita bisa lulus dan bekerja atau tidak. Namun semua pasti ada caranya,
untuk itu saya akan membagikan tips agar anda mampu maximal saat wawancara kerja.
Cara Sukses Wawancara Saat Interview Kerja
Ilustrasi Interview Kerja |
1 Berdo'a.
Anda sudah tahu bahwa poin ini penting, namun justru anda sering
melupakan ritual ng satu ini, dengan berdo'a semua hal bisa iterjadi,
kita bisa tenagn, mengurangi rasa tegang, dapat dilancarkan saat
menjawab, serta memberi aura positiv pada kita jadi berdo'alah terlebih
dahulu.
2 Penampilan.
Jangan anggap penampilan itu tidak dinilai, ada orang yang cuek terhadap
penampilan dan beranggapan bahwa ''asalkan jawaban kita bagus dan benar
pasti diterima'' itu anggapan salah, penampilan mencerminkan
kepribadian dan cara kita kerja, apakah kerja kita rapih dan tertata ?
atau hanya bekerja asal beres, jadi perhatikan penampilan. Jadi
penampilan menjadi tips ampuh wawancara saat interview kerja.
3 Ketuk Pintu dan Berjabat Tangan.
Etika penting saat wawancara adalah mengetuk pintu saat masuk ruangan,
ini adalah sopan santun yang tak boleh tertinggal, dan berjabat
tanganlah, selain untuk salam pertemuan ini juga bisa sedikit mencairkan
suasana dan tidak menganggap pewawancara adalah musuh yang perlu kita
takuti.
4 Cara Duduk.
Duduklah dengan tegak, tidak terlalu bersandar juga tidak terlalu depan,
jangan cirikan anda tegang saat itu, dan posisi kaki sedikit di buka
sebagai tumpuan dan jangan menyilangkan kaki karena anda akan terlihat
kurang sopan dan seolah menganggap kurang penting saat sesi interview.
5 Fokus.
Saat berwawancara jangan sampai rasa tegang malah membuyarkan pikiran
anda, konsentrasi dan fokuslah, baik itu dari cara anda memandang, yakni
melihat kearah pewawancara, ataupun fokus saat mendengarkan apa yang
ditanyakan.
6 Jangan Terlalu Percaya Diri.
Hindarilah Over Conffidence atau terlalu percaya diri dengan anda seolah
sok akrab atau menjawab dengan logat terlalu santai dan menganggap
pertanyaan yang diberikan terlalu mudah untuk dijawab.
7 Jawab Dengan Jelas.
Teknik menjawab harus juga anda perhatikan, gunakan nada yang tidak
terlalu tinggi namun tetap memberikan kesan tegas atau tidak lembek,
perhatikan pula intonasi dan artikulasi, jangan karena anda sudah tahu
dan yakin dengan apa yang akan dijawab anda menjawab dengan sangat cepat
karena ini pun salah jadi berhati-hatilah dengan cara menjawab anda.
8 Siapkan Jawaban.
Kita tidak tahu apa yang akan ditanyakan, namun siapkanlah pertanyaan
yang sering sekali muncul saat diwawancara seperti, Mengapa ingin
bekerja disini ? Apa Motivasi kerja disini? Berapa gaji yang diinginkan ?
dan beberapa pertanyaan lazim lainya. siapkanlah !
0 Response to "CARA SUKSES WAWANCARA SAAT INTERVIEW KERJA TERBARU 2015"
Post a Comment